News

Selasa, 16 Agustus 2022 - 14:44 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Kapolres dan Forkopimda Ikuti Pidato Kenegaraan Presiden RI, Fokus Lanjutkan 5 Agenda Besar Nasional

Polres Batu – Kepala Kepolisian Resor Batu AKBP Oskar Syamsuddin, S.I.K.,M.T hadir dan mengikuti Rapat Paripurna Istimewa DPRD dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI yang digelar digedung DPRD Kota Batu. Selasa  (16/08)

Dalam Rapat paripurna istimewa yang merupakan rangkaian peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia tersebut juga dihadiri jajaran Forkopimda antara lain, Walikota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, Wakil Walikota Batu Ir. H Punjul Santoso, Ketua DPRD Bpk. Ismadi dan jajarannya, Dandim 0813 Malang Batu Letkol Inf taufik Hidayat, Kajari Batu Bpk Agus Rujito dan jajaran SKPD .

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan lima agenda besar nasional yang tetap harus dilaksanakan. Pertama, tentang hilirisasi dan industrialisasi sumber daya alam

Kedua, tentang optimalisasi sumber energi bersih dan ekonomi hijau. Seperti persemaian dan rehabilitasi hutan tropis dan mangrove, habitat laut yang akan menjadi potensi penyerap karbon.

Ketiga tentang perlindungan hukum, sosial, politik dan ekonomi untuk rakyat yang harus terus diperkuat. Presiden juga meningatkan tentang jaminan terhadap pemenuhan hak sipil, praktek demokrasi, politik perempuan dan kelompok marjinal.

Poin keempat Presiden Jokowi memberikan pengarahan agar terus mendorong digitalisasi ekonomi untuk membantu pemberdayaan UMKM agar bisa segera naik kelas masuk ekosistem digital pada tahun 2024.

Sedangkan agenda besar kelima adalah pembangunan Ibu Kota Nusantara, Presiden menegaskan IKN akan menjadi motor penggerak ekonomi dengan pelayanan pendidikan dan kesehatan kelas dunia.

Dalam pembangunan IKN Presiden mengungkapkan anggaran pembangunannya dibangun oleh APBN, sedangkan sisanya investor swasta dilibatkan untuk ikut berpartisipasi.

Artikel ini telah dibaca 16 kali

Baca Lainnya