News

Rabu, 16 Juni 2021 - 04:43 WIB

4 bulan yang lalu

logo

BEKERJASAMA DENGAN PEMKOT , POLRES BATU SIAGAKAN PASUKAN ANTISIPASI BENCANA ALAM

BEKERJASAMA DENGAN PEMKOT , POLRES BATU SIAGAKAN PASUKAN ANTISIPASI BENCANA ALAM

Bertempat di Lapangan Balaikota Among Tani , Kepolisian Resor Batu bekerjasama dengan Pemkota Batu menggelar apel kesiapsiagaan dalam rangka penanggulangan bencana alam di Kota Batu, Rabu (16/06/21).

Apel ini merupakan salah satu persiapan menghadapi dampak yang timbul akibat bencana alam. Polres Batu akan mensiapsiagakan personil dalam rangka membantu masyarakat menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam di Wilayah Kota Batu.

Walikota Batu Hj. Dra. Dewantie Rumpoko, MSi menjadi pimpinan apel yang dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa , apel ini untuk memantapkan serta mensiapsiagakan personil dalam rangka membantu masyarakat dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam di wilayah Kota Batu .

“Kita harus siap dan siaga untuk menghadapi dampak bencana yang akan terjadi di pergantian musim tahun ini sekaligus di masa pandemi ini kita juga harus ekstra melayani masyarakat dalam menekan angka penyebaran Covid 19 di wilayah kota batu,” ungkap Dewantie.

“Penanggulangan bencana harus dilakukan dengan menggunakan prinsip dan cara yang tepat dengan tujuan agar tidak terlalu berdampak buruk bagi para korban, prinsip penanggulangan bencana alam adalah cepat dan tepat, guna meminimalisir korban dan kehilangan harta benda. Ketika menghadapi bencana alam, hal yang harus diutamakan adalah penyelamatan manusia barulah harta bendanya, “

Selain itu, lanjut Dewantie, “ koordinasi dan keterpaduan antar instansi pemerintah dan masyarakat harus dilakukan secara terpadu dan saling mendukung, berdaya guna, memanfaatkan waktu, tenaga dan biaya sebaik mungkin secara terbuka dan dapat dipertanggung jawabkan secara benar.”

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wawalikota Batu H. Ir. Punjul Santoso, SH, Kapolres Batu AKBP Catur C Wibowo, SIK, MH , Pabung Kodim 0818 Malang Batu Kapten Czi Widagdo, Kajari Batu Bpk Supriyanto, SH, MH, Ketua DPRD Kota Batu Bpk Asmadi, SPd, Kepala SKPD dan tamu undangan .

Para peserta apel di antaranya dari Polres Batu , Kodim 0818 Malang Batu , BPBD, Dishub, Satpol PP, Banser, Pramuka, dan potensi masyaraat yang lain serta beberapa kendaraan yang juga di apelkan untuk mengetahui kesiapan sarana untuk mengevakuasi bila terjadi bencana alam.

Sementara itu, Kapolres Batu mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah personel Polres Batu dan beberapa peralatan serta kendaraan yang disiagkan untuk mengantisipasi kejadian dalam penanggulangan bencana alam. Dikatakan, POLRI siap membangun koordinasi lintas sektor guna membantu masyarakat yang terkena dampak bencana alam.

“Kita siap membangun komunikasi lintas sektor guna membantu masyarakat atasi dampak bencana alam dan kita siap menggelar kekuatan yang bisa digerakkan sewaktu waktu apabila terjadi bencana alam,” ujarnya.

Artikel ini telah dibaca 27 kali

Baca Lainnya