News

Kamis, 10 Juni 2021 - 05:06 WIB

2 minggu yang lalu

logo

KAPOLRES PIMPIN PEMERIKSAAN KESIAPAN SARANA DAN PRASARANA

KAPOLRES PIMPIN PEMERIKSAAN KESIAPAN SARANA DAN PRASARANA
UNTUK HADAPI BENCANA ALAM

Tribratanews.batu.jatim.polri.go.id – Kapolres Batu AKBP Catur C Wibowo,S.I.K., M.H melakukan pemeriksaan peralatan dan kendaraan inventaris dinas dalam rangka mengantisipasi kejadian Gempa Bumi dan potensi Tsunami di Lapangan Apel Polres Batu. Kamis 10 Juni 2021.

Kegiatan apel peralatan dan kendaraan tersebut untuk mengantispasi kejadian gempa bumi dan potensi bencana tsunami ataupun bencana alam yang dimungkinkan terjadi di Wilayah Kota Batu.

Kegiatan diawali pemeriksaan kendaraan dan peralatan penanganan kejadian awal apabila di Kota Batu terjadi bencana alam. Ada gergaji mesin, Toolkit untuk TPTKP , senter, pemadam kebakaran sampai perahu karet turut dipamerkan .

Tampak pula kendaraan roda 4 berpenggerak depan belakang atau dikenal dengan 4 WD ikut diperiksa oleh Kapolres Batu, kendaraan penyuluhan Bhabinkamtibmas dan Mobil Ambulan juga ikut diperiksa. Sepeda motor Trail milik Sat sabhara yang bisa digunakan di medan berat dan berlumpur juga turut di apelkan dan di siapsiagakan. Pemeriksaan meliputi kebersihan kendaraan dan kondisi mesin apakah siap digunakan .

Perlu diketahui di Kota Batu sendiri yang merupakan kontur pengunungan dan dataran tinggi , bencana alam yang sering terjadi adalah tanah longsor dan angin puting beliung sehingga penanganan akan lebih difokuskan ke arah tersebut.

Dalam wawancaranya Kapolres berpesan kepada Kabag Ops dan Kasat Sabhara dan untuk mensiagakan pasukan yang dapat digerakkan sewaktu waktu apabila terjadi bencana alam yang membutuhkan perkuatan anggota Polri.

“Untuk Kabag Ops dan Kasat Sabhara , segera inventarisir dan siagakan kekuatan yang bisa bergerak kapan saja sehingga kehadiran Polri ketika terjadi bencana alam bisa segera tiba dan ada di Lokasi, serta laksanakan koordinasi dengan pihak terkait dengan Pemkot Batu melalui BPBD untuk membantu mensiagakan peralatan berat nya untuk digunakan ketika terjadi bencana alam “ ungkap Kapolres Batu.

Menurut Kasat Sabhara Polres Batu AKP M. Zainudin, S.H pihaknya juga sudah melatih anggotanya untuk melakukan penanganan awal apabila terjadi bencana alam.

“ Anggota Sabhara Polres Batu sudah melakuka latihan simulasi penanganan bencana alam bekerjasama dengan TNI dan BPBD Kota Batu di wana wisata Coban Talun Kota Batu yang mana latihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para personil dalam menangani bencana alam” pungkasnya.( Humas)

Artikel ini telah dibaca 19 kali

Baca Lainnya
  • 25 Juni 2021 - 08:44 WIB