Berita Hari Ini News

Jumat, 21 Mei 2021 - 06:52 WIB

4 bulan yang lalu

logo

PULUHAN KENDARAAN DIPUTAR BALIK DALAM KEGIATAN RUTIN YANG DITINGKATKAN DI KOTA BATU

PULUHAN KENDARAAN DIPUTAR BALIK DALAM KEGIATAN RUTIN YANG DITINGKATKAN DI KOTA BATU

Aparat kepolisian meminta puluhan kendaraan yang melintas di perbatasan Kabupaten Malang – Kota Batu tepatnya di jalan Ir. Soekarno Batu, Jawa Timur, berputar balik arah menyusul peningkatan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan .
Kapolres Batu AKBP Catur C wibowo, SIK, MH , pemeriksaan kendaraan dari luar rayon Malang Raya terus dilakukan Polres Batu (Jum’at , 21/5). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan ( KRYD )
Kabag Ops Polres Batu, Kompol Hari Subagyo mengatakan, pasca larangan mudik lebaran, petugas melaksanakan kegiatan operasi rutin yang ditingkatkan (KRYD) memasuki masa pengetatan perjalanan. Tahap pengetatan perjalanan dimulai sejak 18 hingga 24 Mei.
Hal ini untuk memantau mobilitas masyarakat dari luar rayon Malang Raya yang akan masuk ke Kota Batu. Sehingga petugas gabungan menghentikan kendaraan bernopol luar rayon untuk diperiksa sejumlah persyaratan.
Pengendara dari luar rayon Malang Raya akan dihentikan dan diminta untuk menunjukkan surat keterangan negatif rapid antigen. Ataupun bukti lainnya berupa sertifikat vaksinasi. Mereka yang tak membawa persyaratan itu akan dihentikan dan akan diperiksa swab antigen.

“KRYD ini bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 usai lebaran. Mengingat, setelah operasi ketupat, masih ada masyarakat yang melaksanakan mudik atau berwariwisata ke tempat wilayah Kota Batu. Maka kita mengantisipasi dengan mengadakan KRYD,” ujarnya .
Selain itu, pihaknya juga menyiapkan pos untuk pengecekan kesehatan, yakni rapid antigen terhadap beberapa pengendara yang telah diberhentikan. “Kami juga melaksanakan rapid antigen dan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Batu untuk memeriksa pengendara yang telah kita berhentikan. Pemeriksaan kendaraan itu, kita cek surat-surat, apabila ada yg dari luar kota, maka kita lakukan pemeriksaan antigen. Jika dinyatakan negatif, maka kita beri tanda sebuah stiker yang menyatakan bebas Covid-19,” ujarnya.
Sementara itu, menurut Kasat Lantas Polres Batu AKP Indah Citra mengungkapkan, “ bahwa dia akan tetap melaksanakan kegiatan ini sampai tanggal yang ditentukan , kami akan melakukan ini dengan mengerahkan semua anggota Lalu lintas yang ada “ jelasnya.
Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat unuk tetap melaksanakan protokol kesehatan 5 M. “Yakni memakai masker, mencuci tangan memakai sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” lanjut dia


Menurut Kasat Sabhara , AKP Zainudin , SH bahwa anggotanya juga akan diturunkan ke tempat wisata khususnya yang mempunyai wahana Kolam renang agar memperhatikan jumlah pengunjung jangan sampai tidak memperhatikan Prokes dan melebihi kapasitas / Overload.


“Polres Batu akan bertindak tegas kepada para pelaku wisata yang mempunyai Kolam renang apabila nantinya terjadi penumpukan pengunjung dan tidak memperhatkan Prokes” pungkasnya

Artikel ini telah dibaca 66 kali

Baca Lainnya