News

Kamis, 20 Mei 2021 - 09:43 WIB

1 bulan yang lalu

logo

KPU KOTA BATU GANDENG POLRES , BENTUK BAKOHUMAS JELANG PEMILU 2024

KPU KOTA BATU GANDENG POLRES , BENTUK BAKOHUMAS JELANG PEMILU 2024

BATU – Menyongsong pemilihan umum 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batu telah mempersiapkan diri sejak dini. Melalui Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas), KPU Batu menggandeng sejumlah pihak untuk turut serta menyukseskan Pemilu 2024 termasuk Polres Batu.

KPU Batu mengundang beberapa pihak seperti perwakilan pemerintah, TNI/Polri, organisasi profesi serta organisasi kemasyarakatan untuk koordinasi di kantor KPU Batu, Kamis (20/5/221). Komisioner Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM, Marlina menerangkan, per Maret 2021, KPU Batu memiliki Bakohumas.

Dipaparkannya, sinergitas antar lembaga diharapkan dapat menangkal serangan informasi hoaks atau bohong mengenai penyelenggaraan Pemilu di Kota Batu. Berdasarkan data dari WeAreSocial & Hotsuite per Januari 2021, terkait pengguna sosial media di Indonesia yang berusia rentang 16 hingga 64 tahun, 93.8 persen masyarakat memanfaatkan sosial media untuk mengakses YouTube.

Kemudian disusul WhatsApp sebanyak 87.7 persen lalu diurutan ketiga ada Instagram sebanyak 86.6 persen. Banyaknya pengguna media sosial juga memunculkan kekhawatiran adanya informasi bohong yang beredar.

“Apalagi di grup-grup WhatsApp, begitu cepat informasi didapat,” ujar Marlina.

Di sisi lain, keberadaan media sosial sebenarnya juga membuka peluang sosialisasi kebijakan lebih mudah didistribusikan. Dipaparkan Marlina, Bakohumas memiliki visi dan misi yang sama dengan pemerintah, di antaranya yakni membentuk, meningkatkan serta memelihara opini positif publik.

“Ketika memaksimalkan media sosial, kita seaktif mungkin berinteraksi dengan masyarakat. Ini menjadi image building,” papar Marlina.

Tugas Bakohumas KPU juga berkoordinasi dengan KPU tingkat provinsi dan pusat. Termasuk membangun koordinasi dengan lembaga pemerintahan tingkat daerah hingga pusat.

“Kami juga merencanakan dan melaksanakan kegiatan kehumasan. Menghimpun, mengelola serta menyalurkan data kehumasan yang diperlukan,” ungkapnya.

Roy Mastur, perwakilan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya yamg hadir dalam kegiatan mengapresiasi langkah KPU Batu menggandeng sejumlah pihak untuk kepentingan diseminasi informasi publik.

“Informasi yang benar akan mengedukasi masyarakat sehingga bisa memiliki pengetahuan tentang Pemilu,” kata Mastur.

Informasi publik yang berada di masing-masing lembaga juga perlu disampaikan kepada publik agar diketahui. Menurut Mastur, langkah KPU Batu perlu didukung oleh pihak lain agar validitas informasinya akurat.

“Pemilu merupakan hajatan orang banyak, bukan hanya KPU saja. Maka dari itu, dukungan segala sektor diperlukan. PWI Malang Raya menyambut positif upaya KPU Batu ini,” ungkapnya.

Artikel ini telah dibaca 32 kali

Baca Lainnya
  • 25 Juni 2021 - 08:44 WIB